Pengertian Imunologi, Penyakit Autoimun, dan Imunologi Dengan Penyakit

Dalam artikel ini akan membahas secara lengkap tentang Definisi dan Pengertian Imunologi, Penyakit Autoimun, dan hubungan Imunologi Dengan Penyakit, serta cara kerja sistem kekebalan tubuh untuk memahami berbagai penyakit.

Ilmu Imunologi mencakup studi tentang pengembangan, fungsi anatomi dan malfungsi dari sistem kekebalan tubuh, ini merupakan bagian penting dan mendasar untuk memahami penyakit manusia.
Pengertian Imunologi, Penyakit Autoimun, dan Imunologi Dengan Penyakit

Pengertian Imunologi

Imunologi adalah cabang ilmu kesehatan yang berhubungan dengan respon dari suatu organisme untuk antigenik, mencakup peran serta imun / sistem kekebalan tubuh. Ini berkaitan dengan mekanisme pertahanan secara fisik, kimia dan biologi sifat organisme yang membantu untuk memerangi kerentanan terhadap organisme asing, dan berbagai penyebab suatu penyakit.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari berbagai jenis molekul dan sel yang didistribusikan di setiap jaringan tubuh, serta organ limfoid khusus, yang bertindak secara terkoordinasi untuk mencegah atau menghilangkan infeksi mikroba, atau untuk menekan pertumbuhan tumor, serta untuk memulai perbaikan jaringan yang rusak.

Sistem kekebalan tubuh biasanya mengenali dan merespon molekul asing atau rusak diri, tetapi tidak sel inang sehat dan jaringan.

Sistem kekebalan tubuh bawaan mempertahankan hambatan untuk invasi mikroba dan menyediakan kritis biokimia dan seluler responden pertama untuk infeksi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup di dunia yang penuh dengan mikroba.

Pengakuan imun bawaan memulai stereotip respon inflamasi atau anti-virus untuk sejumlah pola molekul yang dimiliki oleh patogen yang berbeda atau diekspresikan oleh sel inang yang terluka atau terinfeksi.

Sistem imun adaptif lebih sangat berkembang untuk memberikan perlindungan bagi tuan rumah, dan mampu mengenali molekul yang berbeda.

Sehingga mampu membedakan beberapa jenis sel efektor yang melakukan fungsi yang berbeda, dan menjadi sel memori berumur panjang yang mencegah atau meminimalkan infeksi berulang oleh mikroba.

Imunologi dan Penyakit

Banyak penyakit terjadi ketika ada cacat mendasar dalam sistem kekebalan tubuh, atau ketika sistem kekebalan tubuh yang normal ditantang dengan cara yang membangkitkan tanggapan yang merusak daripada melindungi sel inang dan jaringan.

Penyakit ini menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang signifikan dalam setiap populasi manusia di seluruh dunia.

Penyakit immunodeficiency terwujud dengan peningkatan risiko infeksi dan tumor, dan disebabkan oleh mutasi gen, gizi buruk, virus tertentu seperti HIV, atau dengan pengobatan untuk kanker.

Respon imun yang tidak tepat sasaran terhadap diri molekul mengakibatkan autoimunitas, yang terwujud dengan masalah klinis yang beragam terkait dengan jaringan atau organ yang terlibat.

Penyakit autoimun yang disebabkan oleh kombinasi gen yang diwariskan dan faktor lingkungan yang mengakibatkan kegagalan mekanisme pertahan dan regulasi kekebalan tubuh.

Respon imun berlebihan atau infeksi kronis sering menjadi penyebab penyakit yang berhubungan dengan mikroba tertentu yang tidak sitopatik sendiri.

Demikian pula, respon imun terhadap antigen lingkungan dinyatakan patogenik merupakan dasar untuk penyakit alergi.

Sebagai ilmu Imunologi telah berkembang, telah menjadi jelas bahwa respon imun adalah kunci untuk pengembangan banyak gangguan umum tidak tradisional dipandang sebagai imunologi alamiah, termasuk metabolisme, jantung, neurodegenerative, dan penyakit neoplastik.

Sekian pembahasan tentang Pengertian Imunologi, Penyakit Autoimun, dan Imunologi Dengan Penyakit. semoga bermanfaat. baca juga pengertian parasitologi.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengertian Imunologi, Penyakit Autoimun, dan Imunologi Dengan Penyakit"