Cara Penularan Penyakit akibat Virus, Bakteri, Parasit, Fungi, Prion dan Viroid

Cara Penularan Penyakit akibat Virus, Bakteri, Fungi

Cara Penularan Penyakit Infeksi - Infeksi adalah Serangan yang dilakukan patogen atau organisme asing dari luar tubuh yang bisa membahayakan tubuh inang, patogen yang umumnya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan antara lain virus, bakteri, Parasit, fungi, prion dan viroid Umumnya bisa merugikan tubuh inang, karena bakteri atau virus dan patogen lain tersebut biasanya menggunakan sarana yang ada dalam tubuh kita untuk berkembang biak.

Ada banyak cara penularan penyakit infeksi, Penyakit menular merupakan penyakit yang bisa menular dari orang yang telah sakit kepada orang sehat lainnya. cara penularan virus dan bakteri memang agak sedikit berbeda namun prinsipnya sama. Berikut ini berbagai cara menular penyakit infeksi. Baca Juga Penyakit Gagal Ginjal Kronis
Cara Penularan Penyakit akibat Virus, Bakteri, Parasit, Fungi, Prion dan Viroid

Cara Penularan Penyakit Infeksi

Makhluk mikroskopis asing / Patogen  yang bisa menyebabkan infeksi ada beberapa jenis secara umum infeksi bisa disebabkan oleh virus, jamur, parasit, bakteri prion maupun viroid.

Normalnya tubuh manusia melakukan perlawanan terhadap penyebab infeksi yang bersifat merugikan tubuh, Respon Tubuh terhadap serangan infeksi disebut dengan peradangan. Cara Patogen menginfeksi tubuh manusia adalah sebagai berikut

Penularan Penyakit Infeksi Melalui Luka

Patogen Bisa masuk dan menyerang tubuh melalui luka pada bagian tertentu, contoh infeksi akibat bakteri melalui luka antara lain penyakit tetanus, dan antrak.

Penularan Penyakit Melalui Keringat.

Tidak semua penyakit bisa menular melalui keringat,namun ada juga beebapa jenis penyakit yang bisa menular melalui keringat dan cairan tubuh penderita, cara pencegahan bisa dilakukan dengan menggunakan handscond/ sarung tangan khusus.

Penularan dan Infeksi Melalui makanan atau minuman

Masuknya bakteri kedalam melalui makanan, sehingga bisa menyababkan gangguan kesehatan. Seperti Penyakit tifus, penyakit diare/disentri dan penyakit kolera beserta keracunan makananBisa juga karena perantara lain seperti gelas yang digunakan atau piring yang telah terkontaminasi sebelumnya atau bisa juga makanan yang kotor dan maupun basi. 

Penularan dan Infeksi dengan Kontak Langsung atau Tidak langsung

Kontaklangsung dengan penderita atau bersentuhan, penularan secara tidak langsung bisa juga disebabkan karena menggunakan pakaian, baju handuk yang telah terkontaminasi dan bertindak sebagai perantara penularan Infeksi penyakit

Penularan dan Infeksi Melalui Hubungan int!m

Banyak Penyakit yang bisa menular melalui hubungan s#ksual, dengan penderita yang telah terkena berbagai penyaki tertuntu, Contohnya penyakit Kencing nanah, sifilis, Dan HIV Aids akibat virus.

Penularan dan Infeksi akibat Transfusi darah

Terkadang ada berbagai kondisi dan masalah kesehatan yang mengharuskan kita mendapat donor darah dari orang lain, hati-hati Donor darah bisajuga menjadi salah satu pintu gerbang untuk masuknya beragam infeksi penyakit menular melalui darah pendonor darah harus melewati serangkaian tes terlebih dahulu, untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyakit menular yang mungkin bisa di pindahkan dari pendonor ke penerima.

Penularan Penyakit Melalui Alat kesehatan

Alat kesehatan yang digunakan diharuskan steril, agar tidak menyebabkan berbagai penyakit yang mungkin terjadi, alat kesehatan yang telah digunakan untuk merawat pasien tertentu tidak boleh digunakan untuk merawat pasien lain sebelum disterilkan,atau didesinfeksi,  hindari penggunaan jarum suntik bekas pakai, jika digunakan kembali Otomatis Bisa menjadi jalan masuk paling mudah untuk virus dan bakteri atau patogen lain kedalam tubuh manusia sehat lainnya.

Penularan penyakit melalui Udara

Infeksi dan penularan penyakit melalui Udara bisa terjadi akibat pelepasan bakteri, virus melalui bersin, pernafasan, dan mungkin juga melalui air liur. jika udara yang mengandung bakteri atau virus terhirup oleh orang yang sehat maka akan menjadi penularan penyakit melalui pernafasan. ada beragai penyakit yang bisamenular melalui nafas, umumnya disebabkan oleh virus. 

cara pencegahannya bisa dilakukan dengan memakai masker saat berada di daerah endemik atau saat berhadapan dengan berbagai jenis penyakit yang bisa menular lewat udara Seperti TBC , dan Bronkitis.

Penularan penyakit Melalui Plasenta

Penularan penyakit Melalui Plasenta atau sering disebut dengan infeksi bawaan/Kongenital, ini terjadi karena ada berbagai jenis penyakit yang ada pada ibu hamil, patogen tersebut kemungkinan mampu melewati penghalang plasentaa yang bisa menginfeksi atau ditularkan kepada janin. Sehingga janin yang ada dalam rahim mempunyai resiko berbagai kelainan-kelainan yang mungkin terjadi. atau penyakit dari bawaan lahir.

Sekian pembahasan Tentang Cara Penularan Penyakit Akibat Virus, Bakteri, Fungi, Parasit, semoga bermanfaat Buat semuanya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Penularan Penyakit akibat Virus, Bakteri, Parasit, Fungi, Prion dan Viroid"

Posting Komentar