Kedudukan Dan Peran Serta Individu Dalam Masyarakat - Ilmu Sosiologi

Kedudukan dan Peran Individu Dalam Masyarakat - Manusia sebagai makhluk sosial, tidaklah dapat dipisahkan dari masyarakat, untuk mempertahankan eksistensinya, manusia perlu berada bersama orang lain dan mengadakan interaksi sosial di dalam kelompoknya.Dalam kalangan yang lebih luas terdapat berbagai kelompok sosial berdasarkan letak geografi, Serta tingkat sosial ekonomi (golongan), yang terluas ialah masyarakat.

Individu dan Kelompok Masyarakat

Biasa dalam sebuah kelompok Masyarakat, dimana antara anggotanya ada rasa persatuan yang membedakan kelompoknya dari kelompok yang lain, mereka mempunyai norma-norma, ketentuan dan peraturan yang dipatuhi bersama sebagai suatu ikatan dan dijadikan pedoman dalam memenuhi kebutuhan kelompok. 
Kedudukan Dan Peran Serta Individu Dalam Masyarakat

Tuntutan dan kewajiban individu dalam kelompok

Agar kehidupan dikolompok masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar maka seringkali individu harus mengubah atau menyesuaikan keinginan pribadinya dengen norma dan tuntutan kelompok. Motivasi itu timbul karena adanya suata kebutuhan atau keinginan yang harus dipenuhi. Misalnya, rasa haus mendorong/memotivasi individu mencari minuman, dengan tujuan agar rasa haus itu hilang. Ada dua macam kekuatan dalam individu, yaitu kekuatan yang mendorong dan yang menghambat terjadinya suatu tindakan.

Konsep diri seorang individu mempunyai peran penting. Selama masa kanak-kanak, keluarga dan lingkungan sosial menentukan "diri ideal" bagi setiap anak, yaitu menentukan sifat-sifat dan hal-hal yang sebaiknya dicapai oleh individu itu.

Diri-ideal itu dibentuk berdasarkan norma masyarakat yang berlaku dan kondisi keluarga serta keadaan individu itu sendiri.Konsep diri adalah pandangan individu mengenai karakter diri sendiri, dibandingkan dengan diri-idealnya.Makin jauh perbedaan antara diri-ideal itu dengan kenyataan yang dicapai. Baca Juga Artikel sebelumnya : Hubungan Dokter-Pasien

Kedudukan Atau Posisi Individu Dalam Masyarakat

Yang dimaksud dengan Kedudukan/posisi adalah suatu tingkatan dalam suatu sistem pelapisan sosial yang diakui oleh masyarakat. Misalnya, “pria dewasa”, menunjukkan suatu kategori dalam sistem penggolongan usia dan jenis kelamin.Setiap individu memiliki kedudukan ganda yang berkaitan dengan perannya didalam kelompok yang berbeda-beda.

Status menunjukkan letak (tinggi rendahnya) suatu kedudukan dalam hirarki sistem masyarakat  yang bersangkutan, sedangkan peran adalah suatu pola tingkah laku, kepercayaan, nilai, sikap, yang diharapkan oleh masyarakat muncul menandai sifat dan tindakan sipemegan kedudukan.Prasangka adalah sikap negatif terhadap sesuatu, objek prasangka dapat berupa individu maupun suatu kelompok atau ras. Sekian dan silahkan tambahkan pendapat anda tentang Peran Individu Dalam Masyarakat pada kolom kementar dibawah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kedudukan Dan Peran Serta Individu Dalam Masyarakat - Ilmu Sosiologi"

Posting Komentar