Penyakit Gagal Ginjal Kronis, Tanda dan Gejala, Serta Penyebab Gagal Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Penyakit Gagal Ginjal Kronis merupakan penyakit yang disebabkan oleh proses kerusakan pada ginjal dalam rentang waktu lebih dari 3 Bulan, dapat menyebabkan simtoma, dengan laju filtrasi glumerular dan di tandai dengan adanya kelainan pada sedimen Urine.

Akibat penurunan Fungsi ginjal dalam mengeksekresikan sisa produk limbah yang  tidak dibutuhkan tubuh maka Penyakit Gagal Ginjal Bisa di identifikasi dengan melakukan Tes darah dan kreatinin, Tingginya kreatinin dalam darah terjadi akibat kurangnya laju filtrasi glumerular akibat menurunnya fungsi ginjal.
Penyakit Gagal Ginjal Kronis, Tanda dan Gejala, Serta Penyebab Gagal Ginjal

Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Gejala Gagal Ginjal Kronis dapat di identifikasi dengan adanya peningkatan protein dan serum kreatinin dalam Urin. namun Tanda umum penderita penyakit gagal ginjal kronis biasanya menujukkan gejala sebagai berikut.
  • Adanya Gatal-gatal yang terus menerus di bagian Tubuh
  • Kurangnya Nafsu makan
  • Adanya Udema atau Pembangkakan Cairan di kaki, tangan, betis atau bagian tubuh lainnya
  • Lemas, hemoglobin dalam darah menurun
  • karena Hb menurun maka Aktifitas sehari-hari terasa lebih berat dari pada umumnya
  • Tekanan Darah Meningkat
  • Adanya akumulasi Urea, dan Kalium dalam darah.
  • Mungkin adanya gejala anemia dan kelelahan
  • Edema.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Penyebab Gagal Ginjal Kronis antara lain yaitu karena Hipertensi, glomerulonefritis kronis, Akibat Penyakit Diabetes Melitus, penyakit Ginjal seperti batu ginjal dan gangguan pada prostat.

Selain Itu diduga Mengkonsumsi Es teh dan Minuman Energii secara rutin dan terus menerus selama bertahun-tahun juga bisa menyebabkan penyakit ini. Namun dugaan tersebut masih dalam Penelitian kesehatan lebih lanjut. belum ada pembuktian ilmiah yang memadai.

Pengobatan Gagal Ginjal Kronis

Jika ada tanda-tanda seperti pada pembahasan diatas sebaiknya segera di bawa kerumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan, Pemeriksaan penunjang diperlukan untuk men diagnosis penyakit gagal ginjal kronis, Seperti pemeriksaan Ureum dan kreatinin, pemeriksaan darah lengkap dan homoglobin.

Pengobatan gagal Ginjal mencakup CAPD mandiri dan Hemodialisis / cuci darah. Pembahasan untuk ini akan dibahas ada artikel lanjutan. 

Sekian Pembahasan Tentang Penyakit Gagal Ginjal Kronis, Tanda dan Gejala, Penyebab gagal Ginjal. semoga bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyakit Gagal Ginjal Kronis, Tanda dan Gejala, Serta Penyebab Gagal Ginjal"

Posting Komentar