informasi tentang jerawat, tips untuk mencegah dan mengobati

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap semua informasi tentang jerawat, Serta tips untuk mencegah dan mengobati, termasuk pengertian jerawat, dan mengapa jerawat bisa terjadi, serta diagnosis dan pengobatannya.

Pengertian Jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang biasanya mempengaruhi remaja bisa juga mempengaruhi semua individu diberbagai usia.

Jerawat juga merupakan salah satu masalah serius pada kulit yang ditandai dengan bintik-bintik dan pembengkakan seperti bisul di atas permukaan kulit wajah, dahi, leher, punggung dan dada.

Bintik-bintik ringan dapat berkisar dari komedo dan whiteheads yang tanpa rasa sakit, sampai dengan pembengkakan berat atau pustula yang meradang dan berisi nanah dengan rasa sakit.

Yang paling parah, sebenarnya bukanlah rasa sakit yang diakibatkan oleh jerawat, melainkan bisa berpotensi untuk terjadinya bekas yang agak lama bahkan ada yang permanent pada bagian yang terkena. sehingga bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri seseorang.

informasi tentang jerawat, Serta tips untuk mencegah dan mengobati

Mengapa jerawat bisa terjadi?

Jerawat disebabkan karena perubahan kadar hormon, terutama pada masa pubertas. Inilah yang menjadi alasan mengapa hal ini lebih banyak mempengaruhi remaja dari pada kelompok usia lainnya.

Namun mereka yang memiliki kulit berminyak lebih rentan untuk mengembangkan jerawat.

Kelenjar di kulit saat pubertas melepaskan zat berminyak yang dikenal sebagai sebum.

Sebum ini tebal dan dapat menghalangi folikel rambut atau pori-pori kecil di kulit di mana rambut tumbuh.

Yang mana hal tersebut akan menyebabkan pembentukan komedo dan whiteheads. Folikel rambut ini ketika tersumbat memungkinkan terinfeksi bakteri untuk menyebabkan jerawat.

Siapa yang Paling beresiko Jerawat

Jerawat termasuk kedalam gangguan kesehatan kulit yang bersifat menurun dan biasanya berjalan pada keturunan dalam keluarga.

Selain itu Perubahan hormon selama masa pubertas dan selama siklus menstruasi atau kehamilan dapat meningkatkan risiko terkena jerawat.

Jerawat sangat umum terjadi pada remaja dan orang dewasa muda dan hampir 90% dari setiap individu biasanya pernah mengalami jerawatan walau cuma 1 -- 2 di beberapa titik tubuhnya. paling sering dimuka.

Pada wanita biasanya paling sering terlihat antara usia 14 dan 17 dan di antara anak laki-laki hal ini paling sering terjadi antara usia 16 dan 19 tahun.

Gejala bisa datang dan pergi tapi tampaknya meningkatkan dengan usia. Hanya sekitar 5% dari perempuan dan 1% pria memiliki jerawat di atas usia 25.

Tips Untuk mencegah dan mengobati Jerawat

Langkah yang paling penting dalam pencegahan dan pengobatan jerawat yaitu Menjaga kulit bersih dan bebas minya.

Pada bagian tubuh yang terkena, atau bagian tubuh yang rawan jerawat seperti muka, perlu dicuci dua kali sehari dengan sabun ringan atau pembersih.

dalam perawatan kebersihan diri perlu diperhatikan agar jangan sampai terjadi iritasi lapisan atas kulit, karena bisa menyebabkan peradangan.

Obat jerawat

Dalam mengobati dan penanganan jerawat tersedia beberapa jenis Pengobatan, baik dalam bentuk krim, lotion atau salep yang dapat digunakan untuk menghilang jerawat diwajah atau bagian tubuh lain nya.

Sebenarnya Jerawat bukan suatu penyakit yang dapat disembuhkan yang bisa hilang selamanya, karena, mereka cenderung kembali jika kebersihan dan perawatan wajah diabaikan.

Berbeda untuk Jerawat yang mempengaruhi dada dan punggung, mungkin saja diperlulukan pengobatan dengan antibiotik khusus yang biasanya diresepkan oleh dokter spesialis kulit.

Hati-hati dalam memilih obat jerawat.

Dalam artikel ini saya tidak berani memberikan rokemendasi terhadap salah satu jenis produk dan obat yang tepat untuk mengobati jerawat yang anda derita, karena pada dasarnya ada beberapa individu yang mengkin tidak cocok dengan berbagai jenis obat tertentu, dan beberapa diantaranya juga ada yang memiliki kulit yang lebih sensitif dari pada penderita yang lain.

Jadi sebaiknya lebih teliti dan waspada dalam memilah dan memilih produk yang tepat, apalagi di indonesia, tidak semua obat aman untuk digunakan, pastikan setiap obat yang akan anda gunakan paling tidak sudah memiliki izin dari lembaga pengawasan obat dan makanan atau BPOM.

Dan pastikan juga produk tersebut bebas dari berbagai zat-zat berbahaya seperti merkuri dan hidrokuinon. bila perlu konsultasikan permasalahan kulit anda pada bagaian dermatologis, atau dokter spesialis kulit terdekat di kota anda, apalagi jika jerawat yang anda derita termasuk kedalam jenis yang parah dan sudah berlangsung lama secara berkepanjangan.

Sekian informasi tentang jerawat, Serta tips untuk mencegah dan mengobati, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "informasi tentang jerawat, tips untuk mencegah dan mengobati"

Posting Komentar